Belajar Musik Melalui Piano

Bermain musik merupakan sebuah hobi, passion dan tren yang tidak pernah ada matinya. Salah satu cara bermain adalah menggunakan piano. Piano merupakan salah satu alat musik yang dipandang cukup berkelas terlebih oleh masyarakat kita.

Piano termasuk salah satu instrumen yang sangat besar dan lumayan mewah. Suara yang dihasilkan oleh piano berasal dari senar yang dipukul sesuai tuts yang kita tekan.

Masih banyak orang yang bingung bagaimana melatih bakat bermusiknya lewat piano, maka dari itu mari kita bahas apa saja yang perlu dipelajari dalam bermain piano.

Teknik yang akan kita pakai pada kesempatan ini adalah teknik Do Mi Sol yang diracik oleh Dinar. Tidak bedanya dengan orang yang belajar main gitar, pada awalnya yang harus dipelajari adalah kunci nada.

Sebuah harmonisasi chord terbentuk dari kombinasi nada ke-1, ke-3 dan ke-5. Bisa kita sederhanakan harmonisasi kunci terebntuk dari tuts yang memiliki selisih satu tuts di antara keduanya. Sebuah tangga nada dalam satu oktaf terdiri dari C-D-E-F-G-A-B-C. Misal kita hendak bermain kunci C, maka nada yang harus kita tekan adalah  nada ke-1, ke-2, dan ke-3 yaitu  C-E-G. Misal lagi jika ingin bermain kunci D maka yang kita tekan adalah nada D-F-A.  Agar lebih mudah memahaminya mari lihat gambar berikut ini.

 

chord piano

Setelah sedikit belajar seputar kunci nada selanjutnya kita akan belajar fingering. Yaitu penempatan jari agar lebih luwes dalam menekan tuts piano. Teknik ini sangat dasar dan wajib dikuasai jika ingin lancar dan ahli dalam memainkan piano.  


Beda tangan beda juga fungsinya. Biasanya tangan kiri digunakan untuk menekan bass ataupun chord lagu yang dimainkan. Sehingga tangan yang bertugas melakukan harmonisasi dengan cara Do-Mi-Sol adalah tangan kiri.  

Selanjutnya tangan kanan berfungsi untuk menekan tuts melodi secara acak. Melodi dapat diaransemen sendiri ataupun mengikuti vokal lagu aslinya.

Yang tidak kalah penting selain dua hal di atas adalah melatih feeling karena tidak seperti instrumen pada gitar dan drum yang bisa membangkitkan jiwa di dada meski dimainkan asal-asalan. Ritme dan harmonisasi dalam bermain piano juga perlu diperhatikan untuk memberi nyawa pada musik yang dimainkan.

Itulah beberapa hal yang mendasar sekali dalam bermain piano tanpa harus mempelajari teknik yang sulit.  

Selain hal di atas banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari bermain alat musik piano itu sendiri. Diantaranya adalah melatih kita menyelaraskan jiwa dan motorik tangan menjadi sesuatu yang harmonis. Dan juga membantu kita melatih ritme atau ketukan dalam bermain musik. Sehingga kedepannya kita tidak terlalu kaku untuk memainkan alat musik yang lain. 

Posted in: Musik

2 Comments

  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Comment