Memilih Berkarir Menjadi Pianis, Apakah Memiliki Masa Depan yang Cerah?

Buat Anda yang bercita-cita menjadi musisi dan masih bingung menentukan jenis alat musik apa yang harus dipelajari, kenapa tidak coba kamu mulai dengan belajar bermain piano. Tidak ada kata terlambat memulainya. Asal  tekun belajar, cepat atau lambat Anda bisa menguasainya. Berkarir sebagai pianis bisa saja menjadi pilihan, jika Anda memang memiliki passion dan bakat bermain piano.

 

Mengapa Piano?

Mengapa memilih piano sebagai awal belajar musik? Alasannya adalah piano merupakan alat musik yang sangat bagus untuk mulai mengenal dan mempelajari nada dan membaca not balok. Mengetahui nada dan dapat membaca not balok merupakan hal yang sangat penting untuk berkarir di bidang musik. Belajar piano melatih konsentrasi dan juga kepekaan kedua tangan. Mulai lah belajar dari musik klasik, karena musik klasik akan menjadi dasar yang kuat sehingga dapat memudahkan mu saat mengembangkan skill bermain piano.

 

Karir apa saja yang dapat dijalani untuk seorang pianist?

Jangan bayangkan bahwa bermain piano adalah tentang bermain musik klasik ala Eropa saja. Sebagai pianis, Anda bisa bermain dengan aliran musik yang lebih modern. Banyak pianis yang terkenal bermain di aliran jazz, country, bahkan pop. Selain menjadi pianis solo, Anda juga bisa bergabung dalam orkestra, atau menjadi seorang komposer. Perkembangan karir seorang pianis cukup menjanjikan. Jika ingin bergerak di aliran klasik, Anda bisa mengikuti banyak kompetisi yang prestigius baik nasional maupun internasional.

 

Apakah harus mengikuti kursus?

Walaupun bermain piano mungkin dapat dipelajari secara otodidak, untuk menjadi pianis tentu saja harus memiliki guru pembimbing yang mengajarkan bagaimana cara bermain yang baik dan benar. Tidak semua orang memiliki kemampuan seperti Joey Alexander seorang prodigi piano beraliran jazz yang di usia 13 tahun sudah menjadi salah satu nominator di Grammy Awards. Atau Michael Anthony yang belajar bermain piano dengan cara mendengarkan tanpa membaca not balok dan dapat menggelar koser di Erasmus Huis pada usia 11 tahun. Sekolah musik diperlukan untuk mengasah keterampilan dan mengeksplor bakat mu. Masuk ke universitas yang memiliki jurusan piano juga dapat dilakukan untuk membuka jalan menjadi pianis profesional.

Untuk dapat berkarir di dunia musik sebagai seorang pianis, Anda harus memiliki keinginan kuat dan jangan mudah putus asa. Jangan salah, tidak hanya bakat bermain piano dari lahir yang membuatmu bisa menjadi seorang pianis yang besar. Belajar dan berlatih tekun juga merupakan bakat yang dapat membuatmu mahir bermain piano dan menjadi pianis profesional. 

Posted in: Musik

Leave a Comment