Cara Mudah Merawat Piano Sendiri di Rumah

Piano merupakan instrumen musik klasik yang menghasilkan nada-nada yang harmonis. Alat musik ini termasuk alat musik kelas atas. Tidak semua orang dapat memilikinya secara pribadi karena harganya yang selangit. Mempelajari piano pun butuh biaya yang tidak sedikit. Sehingga, akan sia-sialah sebuah piano jika pemiliknya tidak tahu bagaimana merawatnya.

 

Langkah-langkah Perawatan Piano

Perawatan menjadi hal penting karena bertujuan untuk menjaga kualitas piano. Anda tentunya tidak ingin piano Anda mudah rusak, terutama saat Anda telah merasakan beberapa manfaat bermain piano. Piano yang rajin dirawat akan menghasilkan nada-nada yang indah, stabil dan dinamis. Sedangkan, piano yang jarang melakukan perawatan memiliki kualitas suara yang tidak stabil dan tidak harmonis. Untuk menjaga kualitas nada-nada yang dihasilkan, Anda bisa mempraktekkan beberapa cara perawatan piano yang bisa Anda lakukan sendiri.

 

Selalu Bersihkan Piano

Di mana pun dan kapan pun kebersihan adalah hal yang paling esensial. Sehingga tidak heran jika menjaga kebersihan adalah hal yang penting, sama halnya dengan menjaga kebersihan instrumen piano Anda. Jika Anda jarang membersihkan piano maka akan ada banyak debu yang mengumpul di piano Anda. Lama kelamaan debu akan semakin menumpuk dan bisa masuk ke organ dalam piano. Jika debu sudah masuk ke organ dalam piano bisa menyebabkan nada suara yang dihasilkan tidak sempurna.

Oleh karena itu, sebaiknya merawat piano dengan membersihkannya setiap kali Anda selesai menggunakan. Anda bisa mengelapnya dengan lap kering dan basah ke sekujur bagian luar piano. Anda perlu berhati-hati dalam membersihkan bagian dalam piano, karena di dalamnya banyak komponen-komponen piano yang rapuh dan mudah patah. Sehingga, jika Anda ingin membersihkan bagian dalam piano Anda bisa memanggil ahli untuk melakukannya.

 

Pilih Tempat yang Tepat

Cara mudah merawat piano yang kedua adalah penempatan piano. Penempatan piano perlu diperhatikan karena hal ini terkait dengan suhu dan kelembaban udara. Suhu dan kelembaban udara perlu diperhatikan karena akan berimbas pada piano. Umumnya piano tersusun atas kayu dan besi. Kayu dan besi adalah dua material yang sensitif terhadap suhu dan kelembaban udara.

Suhu yang tidak sesuai bisa berefek pada melemahnya lem perekat pada sendi-sendi kayu piano. Sedangkan, pada besi suhu yang tidak sesuai bisa menyebabkan karat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menempatkan piano Anda di ruangan dengan air conditioner karena suhunya stabil dan bisa Anda atur sendiri.

tuning piano

Sumber gambar: Pixabay

Tuning Piano

Melakukan tuning pada piano adalah cara mudah merawat piano dengan tujuan menjaga kestabilan nada-nada yang dihasilkan piano. Untuk melakukannya, Anda memerlukan kepekaan tinggi akan nada, Tuning piano ini berkaitan dengan performa dari senar-senar yang ada di dalam piano yang bertugas menghasilkan nada-nada piano. Proses ini adapat Anda lakukan dua sampai empat kali setahun.

 

Merawat piano tidaklah sulit, Anda hanya harus meluangkan sedikit waktu untuk memulainya. Setelah selesai, maka piano akan lebih nyaman untuk dimainkan.

Selamat mencoba!

Posted in: piano

Leave a Comment