Mengenal Mitos-mitos Belajar Piano, Mana yang Benar?

Mitos adalah sesuatu yang belum jelas kebenarannya. Namun, karena sesuatu itu sudah menyebar dengan luas dan banyak orang yang percaya, mitos menjadi sesuatu yang benar di mata masyarakat walau tidak terbukti secara ilmiah.

Mitos biasanya identik dengan hal-hal yang berbau mistis, meskipun tidak semua. Seperti contohnya mitos belajar piano yang sudah menyebar secara turun-temurun dari pianis senior ke pianis yunior. Mitos-mitos ini nantinya menjadi momok tersendiri bagi orang-orang yang ingin tekun dalam belajar piano. Berikut ini ada beberapa mitos-mitos belajar piano yang belum tentu terbukti kebenarannya namun dipercayai banyak orang.

Antara Bakat dan Kerja Keras

Bakat dan kerja keras menjadi mitos saat memulai belajar piano. Mitos ini sudah mengakar dalam jiwa setiap pianis mau pun calon pianis. Bakat merupakan unsur bawaan yang biasanya dihasilkan secara turun-temurun. Jika orang tuanya adalah seorang pianis maka ada kemungkinan anaknya memiliki bakat sebagai pianis juga. Sedangkan, kerja keras adalah usaha dari pianis sendiri untuk mempelajari piano terlepas dari pengaruh faktor genetik atau bakat.

Sebenarnya, antara bakat dan kerja keras memiliki hubungan yang erat. Bakat tanpa didukung kerja keras akan menjadi sia-sia. Begitu juga dengan kerja keras yang bisa mengalahkan bakat yang disia-siakan.

belajar bermain piano

Belajar Piano itu Sulit

Mitos lainnya yang dipercaya oleh masyarakat awam adalah belajar piano itu sulit. Tidak jarang banyak orang-orang yang baru mencoba belajar piano mengatakan belajar piano itu sulit dan memutuskan berhenti di tengah jalan. Pada dasarnya semua hal akan terasa sulit jika kita tidak terbiasa. Seperti dalam belajar piano. Pada tahap awal pembelajaran piano pasti terasa sulit karena kita tidak tahu mana not C dan not D atau bagaimana memainkan tuts hitam dan tuts putih. Namun, semuanya adalah proses.

Satu langkah demi satu langkah asal kita tekun, disiplin dan pantang menyerah maka kita bisa menguasainya. Jangan percaya pada mitos bahwa bermain piano itu sulit. Tetapkan tekun belajar piano sampai mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Selain itu, janganlah mengandalkan suasana hati dalam belajar piano. Belajarlah bermain piano dengan komitmen, ketekunan, konsistensi dan disiplin yang tinggi.

Belajar Piano dimulai Saat Kecil

Mitos bahwa waktu terbaik untuk belajar piano adalah saat kecil menjadi mitos-mitos belajar piano yang paling menciutkan jiwa-jiwa orang dewasa yang ingin menekuni instrumen musik ini. Mengapa belajar piano sebaiknya waktu kecil, sebenarnya terkait dengan perkembangan sel-sel otak anak. Di mana anak akan mengalami perkembangan sel-sel otak dengan cepat ketika mereka masih kecil. Tetapi perlu diingat bahwa tidak ada kata terlambat dalam belajar piano. Lupakan tentang usia ketika belajar piano. Konsentrasi, ketekunan, komitmen, disiplin dan konsistensi adalah hal yang perlu diingat saat belajar piano.

Semoga dengan pembahasan singkat ini Anda tidak akan mudah terpengaruh dengan mitos-mitos yang tidak jelas. Selamat mencoba!

Posted in: piano

Leave a Comment