Sejarah Piano Untuk Inovasi Lebih Dalam

Piano memang merupakan salah satu alat musik klasik yang sudah sejak lama digunakan untuk menghasilkan alunan nada yang indah. Mengiringi berbagai alliran musik dan cocok digunakan dalam banyak suasana menjadi fungsi utamanya. Selain itu, piano juga bisa menjadi furniture pelengkap yang memberi kesan klasik pada ruangan. Namun sejarah piano masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin hanya segelintir orang yang mengetahuinya karena memang tertarik dengan alat musik besar ini.

 

Sejarah Piano Berikan Inspirasi

Untuk bisa memainkan alat musik piano dengan luwes dan indah memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga piano dijadikan sebagai alat musik yang mahal dan berkelas, tidak semua orang bisa memiliki dan memainkannya dengan baik. Piano sendiri berasal dari Bahasa Italia yaitu pianoforte. Piano berarti lembut dan forte berarti keras, sehingga anda bisa memainkannya dengan lembut atau keras. Dalam sejarah piano ditemukan pada tahun 1720 oleh Bartolomeo Cristofori.

Piano terus berkembang sampai pada tahun 1790-1860 era Mozart mengalami revolusi hebat dan mulai munculnya iringan yang lebih modern. Perkembangan it uterus berlanjut dengan dukungan para musisi ternama, sampai akhirnya piano bisa mencapai range nada lebih dari 5 oktav. Mulai dari tahun 1830, konser piano memiliki ranahnya sendiri dan sangat populer pada masa itu. Perkembangan piano ini banyak dipengaruhi oleh Inggris, Broadwood yang selama bertahun-tahun terus berusaha membuat piano dengan cakupan nada yang lebih luas.

Tidaklah mudah untuk menjadi seorang pianis yang handal. Berbagai criteria harus dipenuhi dengan baik, seperti cara duduk, jarak antara kursi dengan piano dan posisi tangan terhadap barisan tuts. Piano terbagi menjadi tiga macam yaitu, upright piano, baby grand dan grand piano yang bisa disesuaikan dengan tingkat profesionalitas pianisnya.

Sebelum bermain dengan lagu, sebaiknya anda mencoba untuk fingering atau melantunkan tangga nada. Hal itu akan membiasakan tangan anda untuk memencet tuts dengan lebih luwes dan leluasa. Sehingga permainan anda semakin hari akan semakin bagus. Jangan dulu menyerah sebelum terus mencoba karena tidak ada yang tidak bisa jika anda mau terus berusaha. Giat berlatih mulai dari teknik dasar akan mempercepat perkembangan permainan anda.

Secara bertahap, terus kembangkan kemampuan dengan memperluas variasi nada yang digunakan. Mempelajari berbagai aliran musik juga akan membantu untuk menemukan dimana rasa anda sebenarnya dalam bermain. Mengetahui sejarah piano juga perlu karena anda akan tahu, bagaimana perkembangannya sejak awal ditemukan sampai bisa menghasilkan piano yang modern saat ini. Begitu juga dengan aliran serta era musik yang mendukung perkembangannya.

Dengan begitu tidak akan sulit untuk melakukan inovasi dalam dunia musik piano. Menggabungkan rasa klasik dengan modern bisa dicoba untuk menemukan rasa yang baru. Sejarah piano juga akan memberikan inspirasi lebih untuk bisa melakukan teknik-teknik permainan yang mungkin sudah jarang dimainkan saat ini. Permainan yang kaya akan lebih disukai kebanyakan orang karena tidak membosankan. Teknologi musik pada piano terus mengalami perubahan justru mempermudah anda untuk bisa mencapai nada yang unik.

Posted in: piano

Leave a Comment