Tips Belajar Piano untuk Pemula

Piano adalah alat musik yang istimewa. Dengan kombinasi tuts warna hitam dan putih, piano bisa menghasilkan melodi indah dan harmonis. Sayangnya, piano dikategorikan alat musik kelas atas karena harganya yang mahal bisa sampai jutaan rupiah. Selain itu, untuk mempelajari piano biasanya membutuhkan kursus tambahan dengan biaya yang tidak murah.

Tidak heran jika belajar piano untuk pemula sering dilakukan di akademi musik atau mengundang guru les piano secara privat. Namun, jika Anda memiliki tekad dan kegigihan, bermain piano bisa Anda pelajari secara otodidak dengan memperhatikan tips belajar piano yang mudah diikuti bagi para pemula

 

Mengenal Instrumen Piano

Secara umum, piano adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tutsnya. Bagi pemula, tahapan belajar tidak dimulai langsung dengan pengenalan not dan chord, melainkan mengenal dulu jenis instrumen piano yang digunakan. Apakah itu piano klasik, piano elektrik atau keyboard. Piano dan keyboard memiliki perbedaan meski dimainkan dengan jari tangan.

Piano adalah instrumen musik yang dimainkan dengan jari-jari tangan. Sedangkan, keyboard juga dimainkan dengan jari-jari tangan hanya saja keyboard memiliki sound effect tambahan seperti suara gitar, drum, bass, seruling, terompet sampai perkusi. Singkatnya, keyboard itu seperti band.

 

Mempelajari Notasi Piano

Setelah mengetahui jenis instrumen yang akan digunakan, tahap pembelajaran piano selanjutnya adalah mengenal notasi piano. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui nada-nada yang dihasilkan oleh piano dengan cara menekan tutsnya. Pada tahap ini ketajaman pendengaran Anda benar-benar diuji. Anda harus mendengarkan dengan saksama nada-nada yang dihasilkan ketika menekan tuts dan mencoba untuk menghafalnya.

Dalam tahap ini, Anda akan mengenal istilah not dan chord. Dua istilah ini memiliki makna yang berbeda meski terkait dengan nada yang dihasilkan oleh piano. Not didefinisikan sebagai lambang nada seperti Do, Re, Mi, Fa, So, La dan Si.

Sedangkan, chord atau akord adalah kumpulan tiga atau lebih not yang dimainkan secara bersamaan atau terputus-putus untuk menghasilkan suatu harmoni atau lagu. Chord dilambangkan dengan huruf dari mulai C untuk Do, D untuk Re, E untuk Mi, F untuk Fa, G untuk Sol, A untuk La dan B untuk Si. Chord sendiri dibagi atas chord mayor dan chord minor.

chord piano

Sumber gambar; Pixabay

Melatih Fingering

Fingering adalah peletakan jari-jari di atas tuts piano atau bisa disebut juga dengan senam jari. Tahapan ini adalah tahapan wajib dan penting dalam belajar piano bagi pemula. Tujuan dari fingering adalah untuk melatih refleks jari saat bermain piano sehingga jari-jari dapat bergerak secara luwes ketika berpindah dari satu tuts ke tuts lain. Jari-jari yang biasanya digunakan untuk menekan tuts piano adalah kelingking, telunjuk dan ibu jari atau jempol.

 

Untuk Anda yang ingin belajar piano, tidak usah ragu memulainya. Meski awalnya sebagai pemula, dengan latihan rutin dan semangat kuat tidak butuh waktu lama menjadi pianis handal.

Selamat belajar!

Posted in: piano

Leave a Comment