Menyetem Piano dengan Cara yang Tepat

Seperti yang kita ketahui bahwa instrument piano merupakan alat musik yang mengeluarkan nada-nada yang begitu indah ketika dimainkan oleh orang-orang yang sudah professional. Terlebih lagi jika seseorang memainkan musik klasik menggunakan instrument ini, keindahan alunan musik ini seakan menenangkan jiwa.

Apakah Anda termasuk seorang pianis professional? Ataupun seorang guru piano? Atau seorang yang hobi bermain piano? Ataupun orang yang sedang berlatih bermain piano? Apa yang menjadi kendala Anda dalam memailnkan alat musik yang satu ini? kebanyakan pemain piano menemukan permasalahan pada nada suara yang terkadang suara yang dikeluarka kurang sesuai. Hal ini sering terjadi terlebih lagi pada instrument piano yang sudah cukup tua.

Harus memiliki peralatan yang memadai

Untuk menyetem piano memang bukanlah hal yang mudah, mengapa? Karena dalam hal ini dibutuhkan kepekaan terhadap nada yang cukup sensitive. Ketika Anda melakukan atau menyetem sendiri maka Anda harus memiliki berbagai peralatan khusus untuk menyetem piano. Banyak hal yang harus dipelajari seputar piano agar dapat mengeluarkan nada sesuai dengan yang diinginkan.

Bahkan bagi pianis professional pun belum tentu bisa menyetem piano sendiri. maka dari itu untuk menyetem sendiri instrument piano wajib memiliki peralatan khusus yang dibutuhkan seperti garpu tala, seperangkat alat penyetem khusus piano, mikrofon yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi, serta berbagai perangkat lunak lain yang bisa membantu memastikan nada pada dawai tuts yang disetem.

Memahami bagian dari piano

Tentu pemahaman mengenai bagian dari piano terutama pada dawai tuts harus baik. hal tersebut sangatlah penting karena di dalam instrument piano terdiri dari ratusan dawai yang masing-masing memiliki tegangan yang tinggi. Dalam mengencangkan dawai tuts tak boleh terlalu kencang karena akan mengakibatkan hal yang fatal yaitu dawai tuts bisa patah ketika tegangannya terlalu kencang. Terlebih lagi jika Anda tak hati-hati bisa saja dawai patah dan melukai bagian tubuh Anda. sehingga sebelum menyetem piano ada baiknya untuk memahami secara baik bagian dari piano ini.

Belajar menyetem yang baik dari yang sudah ahli

Ya, dalam hal menyetem ini memang tak bisa dianggap remeh dan memang harus belajar pada orang yang tepat. Untuk memiliki kempampuan menyetem maka Anda harus memiliki kepekaan atas nada yang sangatlah tinggi. untuk belajar menyetem sendiri piano Anda bisa dimulai dari hal-hal mendasar terlebih dahulu. kenali seberapa tegangan dawai piano yang tepat pada tiap tuts piano. Selain itu kenali berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam menyetem piano.

Dengan menyetem sendiri piano yang Anda miliki maka akan ada kepuasan sendiri karena Anda sudah benar-benar mendalami seluk-beluk tentang instrument piano yang Anda mainkan. 

Selamat mencoba!

Posted in: perawatan piano

Leave a Comment