Tips Membersihkan Tuts Piano agar Tidak Merusak Bagian Lain

Untuk Anda yang suka bermain piano, salah satu hal yang tidak dilewatkan adalah perawatan piano. Terutama bagian tuts piano yang bersentuhan langsung dengan jari tangan. Anda mungkin berpikir membersihkan tuts piano membutuhkan alat khusus atau bahkan harus menggantinya dengan tuts baru.

 

Ada beberapa cara membersihkan tuts piano agar bisa digunakan lebih lama dan nyaman. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga dapat ditemukan dengan mudah.

  1. Pasta gigi. Pilih pasta gigi yang memiliki kandungan sedikit busa. Selipkan kertas di antara tuts piano. Gosokkan sedikit pasta gigi di atasnya. Selanjutnya, ambillah lap sintetis dengan jenis chamois yang sedikit lembab agar pasta gigi di atas tuts dapat dihilangkan. Jika sudah bersih, keringkan lalu bersihkan tuts menggunakan lap bersih yang kering.
  2. Campuran garam dan air jeruk. Campurkan kedua bahan ini dan gunakan kain basah lembut seperti kanebo untuk menggosok bagian tuts piano. Bahan ini akan mengurangi warna kuning pada tuts piano Anda.
  3. Mayonaise. Oleskan mayonaise di kain lembut yang lembab seperti kanebo, lalu gosok bagian tuts pelan-pelan. Kotoran di atas tuts akan terangkat.
  4. Kanebo. Keringkan tuts piano menggunakan kain kering setelah dibersihkan. Ini agar bahan pembersih tidak tertinggal di tuts yang justru akan membuat tuts piano menjadi semakin kotor.

 

Setelah mengetahui cara-cara membersihkan piano di atas, ada lagi beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat membersihkan tuts piano.

  1. Hindari penggunakan bahan kimia untuk membersihkan tuts piano. Ini akan membuat tuts piano rusak.
  2. Jangan biarkan piano dalam keadaan terbuka dalam jangka waktu lama. Ini akan membuat tuts piano mengalami perubahan warna.
  3. Hindari penggunaan pemoles furnitur karena bahan kimia di dalamnya justru bisa membuat tuts piano menjadi kasar.
  4. Tempatkan piano di tempat terbuka terutama pada hari-hari yang cerah. Ini agar tuts tetap bagus serta tidak berubah warna menjadi kuning.

 

Dengan langkah-langkah pembersihan yang tepat dan teratur, piano akan senantiasa dalam keadaan prima dan bisa dimainkan tiap hari.

Selamat mencoba!

 

Sumber featured image: http://chusnianti.blogspot.co.id/

Posted in: perawatan piano

Leave a Comment