Cara Merawat dan Membersihkan Piano Sendiri Dengan Aman

Piano adalah salah satu alat musik yang mengeluarkan nada-nada indah nan elegan. Harganya yang fantastis atau bisa dikatakan memiliki harga tinggi menjadikan instrument ini hanya dimiliki oleh kalangan atas. Dari harganya yang fantastis tersebut menjadikan piano harus selalu dirawat dengan baik agar tetap bisa mengeluarkan nada-nada indah serta lebih enak untuk dipandang.

Terlebih lagi bagian-bagian yang terdapat di piano terdiri dari berbagai macam material seperti kayu, besi, tembaga, baja, plastik, kuningan, bahan perekat, kapas dan segala macamnya yang menjadikan beberapa spot yang ada di dalam piano sulit untuk dibersihkan dengan baik. Padahal instrument piano harus dirawat dengan baik agar saat dimainkan masih memiki performa bagus

Perawatan piano menjadi sangat penting ketika Anda adalah seorang pianis yang mengharuskan memainkan instrument ini setiap saat. Wajib bagi Anda untuk mebersihkan piano agar selalu mengeluarkan suara yang indah serta dengan perawatan secara teratur bisa menjadikan piano lebih awet. Pada dasarnya hanya perlu melakukan 3 cara untuk merawat piano dengan benar dan aman. 

perawatan piano berkala

Sumber gambar: WikiHow

Tuning secara rutin

Tuning dilakukan agar piano dapat selalu memberikan suara yang merdu, untuk piano yang sudah lama maka tuning bisa dilakukan 2 kali setahun. Dengan melakukan tuning yang baik akan menjaga performa piano tetap baik karena suara yang dikeluarkan dari dawai-dawai piano terjaga kestabilannya. Untuk piano yang masih baru hanya perlu dilakukan 4 kali tuning di tahun pertama pembelian. Setelah itu makan performa dari piano sudah menjadi baik karena dawai bisa beradaptasi serta memiliki peregangan yang tepat.

Penempatan piano yang tepat

Tampatkan piano di tempat yang tertutup dengan suhu ruang yang terjaga. mengapa? Karena jika piano di letakkan di suhu panas ataupun lembab akan sangat berpengaruh dengan hasil dari suara piano. Nah jadi sekarang sudah tahu kan jika peletakkan piano juga sangat berpengaruh sebagai salah satu bentuk perawatan dar instrument yang satu ini.

Pembersihan piano dengan tepat dan benar

Tahap akhir dari perawatan piano yang wajib untuk dilakukan yaitu membersihkan piano secara rutin. Untuk membersihkan piano dari debu yang melekat cukup dengan membersihkannya menggunakan lap yang memiliki tekstur kain lembut. Jangan lupa untuk memberikan semir khusus piano yang memiliki sifat anti-statik sehingga akan menjaga piano dari debu yang melekat. Sedangkan untuk membersihkan tuts piano jangan pernah menggunakan bahan kimia yang memiliki kandungan yang keras karena justru akan merusak tuts piano. Lebih baik menggunakan bahan khusus pembersih tuts piano yang lembut serta lembab. Dengan menggunakan bahan pembersih yang tepat maka akan menjaga kualitas piano menjadi tahan lama serta selalu terlihat seperti baru.

Posted in: perawatan piano

Leave a Comment