Istilah istilah Dasar dalam Belajar Piano

Piano merupakan salah satu alat musik klasik yang sangat populer dan unik di antara instrumen lainnya. Tidak seperti keyboard, meskipun sama-sama memiliki tuts, namun piano menghasilkan suara dari senar yang dipukul pada lambung piano.

c7 yamaha1 150x1502x petrof

Walau terlihat mudah, ternyata ada beberapa istilah dan teknik dasar yang harus diketahui dulu sebelum kita mulai mempelajari  piano. Terlebih jika Anda memang benar-benar serius ingin mendalami bidang ini.

Berikut ini merupakan istilah-istilah yang banyak dipakai dalam belajar piano dan keyboard:

1. Layer

Layer biasa disebut dengan lapisan, dilakukan untuk menhasilkan lebih dari 1 suara pada tuts yang sama. Contohnya kita set layer 1 adalah piano, lalu ditumpuk layer selanjutnya berupa sring, pada saat Anda memencet tuts, maka yang keluar adalah suara string dan piano pada waktu yang sama.

2. Split

Plit merupakan lawan dari layer, berfungsi untuk mengatur suatu daerah untuk menghasilkan suara yang ditentukan. Misalkan  

3. Fingering

Fingering merupakan teknik menempatkan jari pada posisi yang benar pada tuts-tuts yang ada pada piano. Teknik ini sangatlah penting terutama pemula karena ini merupakan dasar untuk dapat menguasai tangga nada serta candence.

4. Harmony

Harmony merupakan teknik yang menyangkut chord progression serta voicing and accompaniment, berguna untuk melatih diri Anda untuk mengembangkan chord yang dipakai dalam sebuah lagu. Jika sudah menguasai harmonisasi ini, maka akan tercipta komposisi musik yang seimbang atau harmonis.

5. Reading

Reading yaitu teknik untuk Anda yang hendak belajar piano namun belum begitu menguasai not balok dan combo partitur sebuah lagu. Dengan teknik ini seharusnya Anda lebih mudah dalam membaca partitur not balok.

6. Rythm dan tempo

Merupakan teknik untuk menyesuaikan nada-nada pada piano dengan alat musik lain seperti drum, perkusi, bass, gitar dan alat musik lainnya. Pokok pada teknik ini kita dituntut untuk mengetahui not dan ketukan (ritme) sehingga terdapat jiwa yang hidup dalam permainan sebuah  musik.  Jika ritme dan tempo sudah kamu kasai maka hanya ada satu nyawa dalam satu grup musik meskipun terdiri dari berbagai jenis alat musik atau instrumen.

7. Touching

Teknik toucing merupakan salah satu teknik dalam bermain piano yang begunakan untuk memahami interprestasi dalam bermain musik terlebih dalam bermain piano. Dalam arti, bermain piano tidak hanya sekedar bermain musik namun musik itu sendiri juga yang harus mewakili jiwa Anda. Menggunakan teknik touching ini kita menjadi tahu harus bermain cepat atau lambat. Inti dari teknik touching ini Anda harus memiliki feeling yang bagus dalam bermain piano.

Posted in: piano

Leave a Comment