Tips Menikmati Musik Klasik

Musik klasik merupakan salah satu musik yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Pengertian asli secara harfiah, musik klasik merupakan komposisi musik yang berasal atau lahir dari budaya Eropa, tepatnya berkisar pada tahun 1750-1825. Namun seiring berkembangnya jaman pengertian ini mulai diperundingkan kembali.

Apa sih alasannya? Karena itu artinya musik aliran musik klasik yang diciptakan pada tahun-tahun setelah itu dianggap bukan musik klasik. Nah inilah yang sempat menjadi perdebatan sehingga dibuatlah artian lain tentang musik klasik yang menyatakan bahwa musik klasik adalah semua musik yang memiliki keindahan intelektual tinggi dari semua jaman. Semua itu bergantung pada sisi di mana sesorang menikmati musiknya.

Jika menikmati musik dari elemen intelektual, maka alunan musik karya abad 20-an era modern seperti Kitaro, Richard Clayderman, Yanni, serta Enya dapat digolongkan sebagai karya musik klasik. Tetapi jika seseorang tetap berpegang teguh pada pendapat yang pertama, maka musik-musik yang disebutkan tadi bukan merupakan musik klasik. Untuk itu tersedia genre musik tersendiri yaitu genre musik new-age atau bisa juga digolongkan menjadi art music.

konser piano klasik

Sumber gambar: pianostreet.com

Musik klasik memiliki ciri khas tersendiri, sehingga akan sangat mudah untuk membedakan jenis musik satu ini. Musik klasik menggunakan peralihan dinamika dari lembut ke keras atau dikenal dengan Crescendo, dari keras ke lembut atau dikenal dengan istilah Decrescendo, perubahan tempo dengan percepatan atau biasa disebut dengan istilah Accelerando, serta yang terakhir adalah perubahan tempo dengan perlambatan atau Ritardando. Adanya perbedaan tersebut tetap menjadikan musik klasik enak untuk didengar dan dinikmati pada setiap moment.

Namun sayangnya banyak generasi muda jaman sekarang yang mulai lupa dan tidak tertarik dengan jenis musik yang satu ini. padahal musik ini memiliki manfaat yang besar jika seseorang bisa menikmati musik ini dengan benar.

Lalu bagaimana tips untuk mendengarkan musik klasik yang baik? Beberapa tips ini akan membuat Anda menjadi lebih menikmati musik klasik.

  • Untuk menikmati jenis musik klasik  ini secara tepat terlebih dahulu anda di tuntut untuk mengetahui istilah-istilah musik terlebih dahulu. seperti halnya form sonata, symphony, concerto, fuga/fugue, opera, minuet, oratorio dan lain sebagainya.
  • Bisa juga dengan mengenali berbagai jenis instrument yang dimainkan pada musik klasik mulai dari nama-nama dari alat musik yang digunakan, jenis suara, sampai dengan ciri khas dari suara yang dikeluarkan oleh instrument musik.
  • Anda juga bisa memulai untuk mengenali dari sisi konduktor, vocal, sampai dengan mengerti musik klasik mana bagian intro, mana bagian coda, mood, tempo dan lain sebagainya

Dengan mengeteahui hal-hal tersebut maka Anda akan lebih menikmati musik klasik yang anda dengar. Selain enak untuk didengarkan, tanpa disadari musik klasik memberikan manfaat yang sangat besar bagi otak manusia. hal tersebut dibuktikan dengan berbagai penelitian yang menunjukan bahwa alunan musik klasik memberikan efek positif bagi otak karena alunannya yang lembut dan sangat indah untuk didengarkan.

 

Sumber gambar fitur: utdallas.edu
Posted in: Musik

One Comment

  1. BestElsie says:

    I have noticed you don’t monetize petrofpianogaleri.com, don’t waste your traffic,
    you can earn additional bucks every month with new monetization method.

    This is the best adsense alternative for any type of
    website (they approve all websites), for more info simply search in gooogle:
    murgrabia’s tools

Leave a Comment